PENGARUH MODAL MANUSIA, MODAL RELASI DAN MODAL ORGANISASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA ORGANISASI (Survei Pada Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan)

Hadiasman Ibrahim, NPM: 139010051 (2018) PENGARUH MODAL MANUSIA, MODAL RELASI DAN MODAL ORGANISASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA ORGANISASI (Survei Pada Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan). Disertasi(S3) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Hadiasman Ibrahim.doc

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengkaji kondisi modal manusia, modal relasi, modal organisasi, keunggulan bersaing dan kinerja organisasi, besarnya pengaruh modal manusia, modal relasi dan modal organisasi terhadap keunggulan bersaing serta besarnya pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan pada 134 Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster proporsional random sampling, selanjutnya analisis dilakukan menggunakan analisis verifikatif berbasis model persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian secara deskritptif menunjukkan bahwa: (1) modal manusia berada dalam kategori cukup menuju baik, (2) modal relasi berada dalam kategori kurang baik menuju baik, (3) modal organisasi berada dalam kategori cukup menuju baik, (4) keunggulan bersaing berada dalam kategori cukup menuju baik, (5) kinerja organisasi berada dalam kategori kurang baik menuju baik. Selanjutnya hasil penelitian secara verifikatif menunjukkan bahwa: (6) modal manusia, modal relasi dan modal organisasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, (7) modal manusia berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, (8) modal relasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, (9) modal organisasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, (10) keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Kata kunci: Modal manusia, modal relasi, modal organisasi, keunggulan bersaing, kinerja organisasi

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:29
Last Modified: 20 Sep 2018 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36549

Actions (login required)

View Item View Item