KARTIKA MULIA FATIKASARI, 145050099 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FULL.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ternyata masih belum optimal. Adapun alternatife pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis yang memperoleh pembelajaran dengan Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari daripada kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis yang memperoleh Pembelajaran Konvensional. (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 12 Bandung tahun ajaran 2017-2018. Adapun sampel penelitiannya adalah dua kelas yang diambil secara acak yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian dan non tes yang berupa angket skala sikap Self-Efficacy. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 20.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sampel t-test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Apakah Self-Efficacy atau keyakinan diri siswa yang menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-Efficacy pada siswa yang memperoleh pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 07:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36518 |
Actions (login required)
View Item |