PESAN DAKWAH DALAM FILM PENDEK CINTA FISABILILLAH (AnalisisSemiotikaFilm PendekCintaFisabilillahEpisode 12-14 YayasanDaarul Qur’an)

Aprillia Dinda Fariza, 142050291 (2018) PESAN DAKWAH DALAM FILM PENDEK CINTA FISABILILLAH (AnalisisSemiotikaFilm PendekCintaFisabilillahEpisode 12-14 YayasanDaarul Qur’an). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
Cover Skripsi.docx

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Image
IMG20180918100624.jpg

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pesan Dakwah dalam Film Pendek Cinta Fisabilillah (Analisis Semiotika Film Pendek Cinta Fisabilillah Episode 12-14 Yayasan Daarul Qur’an). Film ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Pendek Cinta Fisabilillah Episode 12-14 Yayasan Daarul Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam Film Pendek Cinta Fisabilillah Episode 12-14 yang berhubungan dengan dakwah. Serta bagaimana sebuah film pendek menyampaikan pesan dakwah yang bisa di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari yang memiliki nilai penting yang bisa memotivasi dan mengacu pada realitas sosial di dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami suatu makna yang tampak. Serta menggunakan teori Semiotika Roland Barthes untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan pada Film Pendek Cinta Fisabilillah Episode 12-14 dengan mengacu pada teori Kontruksi Realitas Sosial Peter L. Berger dan Luckman. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwafilm ini memiliki pesan dakwah dan keunikan tersendiri, keunikannya dari Film Pendek Cinta Fisabilillah Episode 12-14 mengandung pesan dakwah, memberikan pengajaran tentang arti cinta yang sesungguhnya dan banyak pesan-pesan yang dapat diambil. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk para pembuat perfilman akademisi film ciptakanlah film-film yang berkualitas, dan kepada penikmat film jadilah penonton yang bijaksana dan pilihlah film yang membangun dan memberikan inspirasi baru dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:30
Last Modified: 19 Sep 2018 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36510

Actions (login required)

View Item View Item