UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Restu Witriani Yulian, 145060082 (2018) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstark Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada subtema Organ Gerak hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VB SDN 184 Buahbatu Kota Bandung dan dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik di kelas VB SDN 184 Buahbatu Kota Bandung yang masih rendahnya sikap rasa percaya diri serta hasil belajar peserta didik, hal itu terlihat dari kurang antusias dan keberanian peserta didik dalam setiap pembelajaran serta dikarenakan guru masih menggunakan metode yang konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1. Prapembelajaran 2. Fase 1: menemukan masalah 3. Fase 2: membangun struktur kerja 4. Fase 3: menetapkan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama, adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,73, siklus II 3,26 dan siklus III 3,73. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,74, siklus II 3,35 dan siklus III 3,73. Ketiga, peningkatan sikap percaya diri yaitu pada siklus I mencapai 55% siklus II 71% dan siklus III 82%. Keempat, peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 53% siklus II 76% dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Organ Gerak Hewan dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Sikap percaya diri, Hasil belajar, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 22:46
Last Modified: 17 Sep 2018 22:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36447

Actions (login required)

View Item View Item