Restu Witriani Yulian, 145060082 (2018) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstark Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada subtema Organ Gerak hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VB SDN 184 Buahbatu Kota Bandung dan dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik di kelas VB SDN 184 Buahbatu Kota Bandung yang masih rendahnya sikap rasa percaya diri serta hasil belajar peserta didik, hal itu terlihat dari kurang antusias dan keberanian peserta didik dalam setiap pembelajaran serta dikarenakan guru masih menggunakan metode yang konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1. Prapembelajaran 2. Fase 1: menemukan masalah 3. Fase 2: membangun struktur kerja 4. Fase 3: menetapkan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama, adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,73, siklus II 3,26 dan siklus III 3,73. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,74, siklus II 3,35 dan siklus III 3,73. Ketiga, peningkatan sikap percaya diri yaitu pada siklus I mencapai 55% siklus II 71% dan siklus III 82%. Keempat, peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 53% siklus II 76% dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Organ Gerak Hewan dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Sikap percaya diri, Hasil belajar, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 22:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 22:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36447 |
Actions (login required)
View Item |