PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ANIMASI DENGAN PERMAINAN MONOPOLI

NISA SOLIHAH, 145040045 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ANIMASI DENGAN PERMAINAN MONOPOLI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDO.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa MA menggunakan pembelajaran berbasis multimedia animasi dengan permainan monopoli. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design menggunakan desain penelitian Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIA-A dan X MIA-C di MAN 1 Kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif diperoleh skor rata-rata yang menggunakan multimedia animasi nilai Pretests sebesar 429,60 dan skor rata-rata Posttest sebesar 81,71 serta dari hasil ujiN-Gain diperoleh skor sebesar 0,74 dengan kategori sedang sedangkan aspek kognitif pada pembelajaran menggunakan monopoli dengan nilai Pretests sebesar 33,8 dan nilai Posttest sebesar 75,00 serta dari hasil ujiN-Gain diperoleh skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemudian hasil penelitian pada aspek afektif pada pembelajaran menggunakan multimedia animasi mendapatkan skor rata-rata sebesar 81 sedangkan pembelajaran yang menggunakan monopoli 75 dengan kategori baik dan aspek psikomotor menggunakan multimedia animasi mendapatkan skor ratarata sebesar 80 pada pembelajaran menggunakan monopoli skor rata-rata sebesar 76 dengan kategori baik. Hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif pada pembealajaran multimedia animasi sebesar 91,4% dengan kategori hampir seluruhnya dan pada permainan monopoli sebesar 84,7%. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran multimedia animasi dan monopoli. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Multimedia animasi, Monopoli, Virus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 22:38
Last Modified: 17 Sep 2018 22:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item View Item