FIDYA AFIYATUSYIFA, 145040016 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER FIXED.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS FIXED.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA 2.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIDYA AFIYATUSYIFA 2.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II fidya afiyatusyifa 2.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FIDYA AFIYATUSYIFA.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
BAB IV PERBAIKAN FIDYA AFIYATUSYIFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
Text
BAB V PERBAIKAN FIDYA AFIYATUSYIFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan menggunakan mediaa flip chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu siswa kelas X MIA 3 di SMA Negeri 1 Subang pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 45 dan skor rata-rata Posttest sebesar 89 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 90 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 79% dengan kategori hampir seluruhnya. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan menggunakan mediaa flip chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Saran berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru khususnya guru biologi agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan interaktif.. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning (PBL), Media Flip Chart, Keanekaragaman Hayati.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 06:50 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36425 |
Actions (login required)
View Item |