PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAM-ACHIEVMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

Acep Abdulrahman, 115060056 and Dr. H. Azis Lukman Praja, M.Si, pembimbing I and Dr. Yeye Sukmaya, M.Pd, pembimbing II (2016) PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAM-ACHIEVMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2016.

Download (217kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2016.

Download (363kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa, dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan yang tradisional dan siswa kurang dilibatkan secara aktif, sehingga membuat pembelajaran IPS menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini ditujukan pada penggunaan model cooperative learning type student team achivment division (STAD) yang bisa digunakan untuk memotivasi dan meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS terutama pada materi kegiatan ekonomi di Indonesia diharapkan, dapat meningkat secara signifikan. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS terutama tentang kegiatan ekonomi di Indonesia. Manfaat penelitian ini adalah agar dapat menambah keilmuan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, peserta didik, penulis dan lembaga. Terkait penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri bojong koneng IV yang adanya berjumlah 28 orang. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan peningkatan secara signifikan mulai dari siklus I aktivitas dan hasil belajar peserta didik mencapai 43% pada data awal meningkat pada siklus 1 menjadi 68%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 82%. Dan hasil belajar siswa meningkat dari data awal 39% menjadi 71% pada siklus 1 , dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Hal ini di karnakan pada materi kegiatan ekonomi di Indonesia dengan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model cooperative learning type STAD mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang hendak disampaikan oleh peneliti yaitu guru diharapkan dapat mencoba mengkaji dan mengimplementasikan pembelajaran tersebut dengan pokok bahasan lainnya dengan upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS atau mata pelajaran lainnya. Kata kunci : Aktivitas dan hasil Belajar Siswa, Model Cooperative Learning Type STAD, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan hasil Belajar Siswa, Model Cooperative Learning Type STAD, Pembelajaran IPS.
Subjects: S1-Skripsi
PAPER
RESEARCH REPORT
PRESENTATION
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Lucky Oktaviana
Date Deposited: 24 Aug 2017 00:53
Last Modified: 24 Aug 2017 00:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item