Sri Rahayu, 145010019 (2018) PERAN MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK MAHASISWA DI ERA MILLENNIAL (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II..pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Kesadaran politik menyangkut pengetahuan, minat dan perhatian seseorang terhadap lingkungan masyarakat dan politik. Kesadaran politik pada mahasiswa merupakan peran serta mahasiswa dalam mengawasi atau mengoreksi kebijakan dan perilaku pemerintahan selama memegang kekuasaan pemerintahan. Dewasa ini, kesadaran politik mahasiswa selalu diartikan sebagai kesadaran tentang politik praktis namun sebenarnya bentuk dari kesadaran politik sangat beragam dan dapat diwujudkan melalui diskusi mengenai permasalahan sosial, ekonomi, bahkan masalah yang sering timbul didalam masyarakat. Dalam menganalisis kesadaran politik mahasiswa maka seberapa jauh peran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam memberikan pemahaman mengenai kesadaran politik pada mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh penulis yaitu “didalam mata kuliah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan diberikan pemahaman mengenai peran dan kedudukan mahasiswa dalam masyarakat maka tingkat kesadaran mahasiswa di era millennial sudah baik” dimana diasumsikan jika dengan mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dapat meningkatkan kesadaran politik mahasiswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket atau kuesioner, wawancara non structural serta dokumentasi. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis secara kualitatif yang disajikan dalam tabel frekuensi yang berfungsi untuk menjelaskan mengenai mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan kesadaran mahasiswa di era millennial yang kemudian dirubah menjadi diagram untuk melihat sejauh mana perbandingan hasil data melalui gambar. Kata Kunci : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan Kesadaran Politik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 03:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 03:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36117 |
Actions (login required)
View Item |