GINANJAR LUTFI ABDUL LATIF, 145060063 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI FIX.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak sunda.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
02 Lembar Pengesahan PGSD.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (670kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V SDN 184 Buahbatu Bandung melalui model problem based learning pada tema organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN 184 Buahbatu yang cenderung belajar individual dan keadaan siswa yang belum teliti dalam mengerjakan tugas serta prestasi belajar yang masih di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning sehingga kerjasama dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada tema organ gerak hewan dan manusia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas V dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan kerjasama belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 73%, siklus II sebesar 90%, dan siklus III sebesar 93%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75 (baik), siklus II sebesar 80,8 (baik), siklus III sebesar 81,1 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 83,3%, siklus II sebesar 90% dan siklus III sebesar 93%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,5 (baik), siklus II sebesar 78,9 (baik), siklus III sebesar 79,2 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia. Kata Kunci : Model PBL, Kerjasama, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 08:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 08:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36098 |
Actions (login required)
View Item |