Penggunaan Smartphone dalam Proses Pembelajaran Berorientasi Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Informasi Siswa pada Konsep Keanekaragaman Hayati

Firman Agustiawan, 145040036 (2018) Penggunaan Smartphone dalam Proses Pembelajaran Berorientasi Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Informasi Siswa pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT bahasa Inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran berorientasi web dalam meningkatkan hasil belajar dan literasi informasi siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X IPA-B di MAN 1 kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 46,71 dan skor rata-rata posttest sebesar 69,57 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,42 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 84 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 82 dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil kemampuan Literasi Informasi memperoleh skor rata-rata sebesar 81,78 dengan kategori baik. Dan angket respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 80,63% dengan kategori sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran berorientasi web dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi informasi siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Keanekaragaman Hayati, Literasi Informasi, Smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:42
Last Modified: 13 Sep 2018 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36085

Actions (login required)

View Item View Item