ERNAWATI SIMATUPANG, 145010048 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK PADA MATAPELAJARAN PPKN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Studi Deskriptif Pada kelas VIII A SMP Pasundan 4 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Indonesia.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Inggris.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Download (511kB) | Preview |
|
Text
16. BAB 1V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan Hasil belajar Peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi pada matapelajaran PPKn peserta didik hanya mampu mengahafalkan materi yang didapatkannya, dan belum mampu menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Faktor Penghambat dan Pendukung serta Evaluasi pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah Guru PPKn SMP dan Peserta didik Kelas VIII A SMP Pasundan 4 Bandung, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Guru PPKn Kelas VIII dan perwakilan Peserta didik kelas VIII A, serta angket yang dibagikan kepada peserta didik yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini, untuk melengkapi data dalam peneli tian dilakukan Observasi pada Pembelajaran dikelas oleh guru melalui Penerapan pendekatan Contextual teaching and Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sudah tercapainya perencanaan pembelajaran oleh Guru PPKn kelas VIII A melalui pendekatan Contextual teaching and Learning, yaitu Susunan dan komponen dalam Perencanaan Pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017 sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (2) Pelaksanaan dan penerapan Pendekatan Contextual teaching and Learning sudah mampu meningkatkan hasil belajar pesertadidik yang dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kualitas pengerjaan Tugas, Keaktifan dalam kelas, berani bertanya, Mampu memahami materi pelajaran dengan baik, mampu Menyelesaikan soal latihan dan Soal ulangan, serta peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat dari adanya Perubahan perilaku pada pesertadidik yang mampu diterapkan dalam lingkungan sekolah dan kehidupannya sehari-hari Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 04:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36001 |
Actions (login required)
View Item |