Ulfa Nurfalah, 145050081 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
a. cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
c. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
d. ABSTRACK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
Text
j. dafus.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Nilai matematika yang rendah salah satu penyebabnya adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis bagi siswa mereka. Kurangnya berpikir kreatif matematis kepada siswanya dapat disebabkan oleh kegiatan belajar yang tidak berpengaruh, model pembelajaran yang buruk sehingga tujuan pembelajaran tidak mencukupi. Karenanya, harus diperkenalkan model pembelajaran secara tepat sehingga kegiatan pembelajaran akan efektif dan kemampuan berpikir kreatif siswa matematika meningkat. Adapun salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa matematika yaitu model pembelajaran MMP. Metodologi itu adalah eksperimen penelitian. Populasi penelitian adalah siswa SMP Pasundan 3 Bandung dan siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung ini dipilih secara acak berdasarkan kelas. Instrumen dalam penelitian ini tes dan skala sikap. Mencoba tes pertama. Dari persidangan pertanyaan dan belum semua kategori baik, maka pertanyaan-pertanyaan yang tidak memenuhi syarat diperbaiki kembali dan instrumen penelitian yang layak. Analisis hasil penelitian data pada IBM SPSS Statistic 22 untuk Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menerapkan model pembelajaran MMP lebih baik daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. (2) Self-esteem siswa matematika yang menggunakan model pembelajaran MMP lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (3) Tidak terdapat korelasi antara berpikir kreatif matematis dan self-esteem siswa. Kata Kunci: Kemamupuan berpikir kreatif matematis, self-esteem, Missouri Mathematics Project
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2018 04:24 |
Last Modified: | 05 Sep 2018 04:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35921 |
Actions (login required)
View Item |