MAYA YOLANDA, 022030046 (2018) PERANAN JAPAN STUDENT SERVICES ORGANIZATION (JASSO) DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
Bab 1.doc Download (130kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (28kB) |
|
Text
COVER.doc Download (26kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc Download (25kB) |
|
Text
Bab 2.doc Download (72kB) |
|
Text
abstrak.doc Download (37kB) |
Abstract
ABSTRAK JASSO merupakan singkatan dari Japan Student Services Organization yaitu lembaga pendidikan informal yang berdiri pada 1 April 2004. Sebagai suatu lembaga Pemerintah Jepang yang mempunyai visi untuk menjadikan lembaga yang mempunyai fungsi komitmen kuat terhadap kepentingan dunia pendidikan, kebudayaan Jepang dalam era informasi, tranformasi dan globalisasi, sedangkan misinya untuk melaksanakan pendidikan dan kebudayaan dalam menghasilkan lulusan yang bermutu dan mempunyai wawasan global dalam kehidupan intelektual. Sejak dimulainya peranan JASSO di Indonesia, jumlah siswa Indonesia yang melanjutkan study ke Universitas di Jepang dirasakan masih kurang dari apa yang diharapkan, dan itu menjadi salah satu permasalahan yang dirasakan penting untuk diselesaikan baik oleh Pemerintah Indonesia maupun bagi JASSO itu sendiri dalam mewujudkan misinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi adanya peranan JASSO terhadap Indonesia serta bagaimana mekanisme dan program pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Selanjutnya juga ingin mengetahui bagaimana peran dan kontribusi peranan JASSO dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Sedangkan manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan berguna atau bermanfaat khususnya bagi bangsa Indonesia Dalam pengembangan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yang memiliki masalah yang menggambarkan dan menganalisa fenomena-fenomena yang berlangsung. Dalam hal ini, peranan JASSO dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain menggunakan metode deskriptif analitis penulis pun menggunakan historis analitis yang mencari penjelasan serta meneliti gejala yang terjadi sebelumnya sehingga mendapatkan sesuatu kesepakatan antara kejadian masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana peranan yang dilakukan JASSO dengan program-programnya untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia dapat berjalan semestinya dengan terbukti banyaknya orang-orang Indonesia yang ikut serta dalam program pengiriman siswa Indonesia untuk belajar di Jepang, bahkan ada yang mengikuti program tersebut dengan tanggungan biaya oleh Pemerintah Jepang atau dengan kata lainya program bea siswa. Oleh karena itu JASSO harus terus meningkatkan peranannya terhadap Indonesia serta memberikan kemudahan-kemudahan bagi para siswa yang akan mengambil study ke Jepang. Kemudian mengenai manfaat dari peranan JASSO bagi Indonesia, JASSO merupakan suatu lembaga yang membantu Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan tujuan dari Sistem Pendidikan Nasional, dimana Pendidikan Tinggi sebagai salah satu bidang yang menjadi perhatian Pemerintah Indonesia di bidang Pendidikan. Kata kunci: JASSO, Pendidikan Tinggi di Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 06:29 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35783 |
Actions (login required)
View Item |