IRMA HERYANTINI, 145030026 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA FILM PENDEK DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE CURAH GAGASAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 51 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA..pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Menulis teks ulasan tentang kualitas karya film pendek adalah salah satu pembelajaran yang mempermudah siswa dalam proses pengembangan kreativitas dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, dan ide pokok. Metode curah gagasan adalah metode untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Sehubungan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai p embelajaran menulis teks ulasan tentang kualitas karya film pendek dengan me mperhatikan struktur dan unsur kebahasaan menggunakan metode curah gagasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 51 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran tersebut. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,89 dengan kategori baik sekali (A). (2) siswa kelas VIII mampu menulis teks ulasan tentang kualitas karya film pendek. Hal ini terbukti nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,4 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,5. Jadi, selisih nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 39,1. (3) Metode curah gagasan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan tentang kualitas karya film pendek. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik thitung > ttabel, yakni 15,93 > 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 27. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian dapat diterima. Kata Kunci : Curah Gagasan, Film Pendek, Menulis, Pembelajaran, Teks Ulasan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 03:49 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 03:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35728 |
Actions (login required)
View Item |