PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN ISI DAN STRUKTUR MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yulinda Rimbasari, 145030058 (2018) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN ISI DAN STRUKTUR MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA .pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “ Pembelajaran Mengonstruksi Teks Negosiasi Berdasarkan Isi dan Struktur Menggunakan Metode Think Tak Write pada Siswa Kelas X SMK Pasundan 4 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengatasi kerumitan serta kesulitan menulis yang terjadi pada siswa? 2) Apakah siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung mampu mengonstruksi teks negosiasi dengan tepat ? 3) Efektifkah metode think talk write digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi isi dan struktur teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 25 siswa yang merupakan siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berdasarkan isi dan struktur menggunakan metode think talk write pada siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan nilai yang diberikan oleh guru bahasa indonesia. Dengan rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,5. 2) Dalam proses pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi menggunakan metode think talk write siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 56,72 dan nilai tes akhir 77,64 sehingga selisih antara tes awal dan tes akhir 20,92. Sedangkan dalam kelas kontrol nilai tes awal 57,44 dan nilai tes akhir 69,52, sehinggal selisih antara nilai hasil tes awal dan akhir 12,08. 3) Metode think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi dengan menggunakan metode think talk write di kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini diuji berdasarkan uji statistik t hitung > ttabel, yakni 6 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20. Berdasarkan data penelitian, peneliti menyimpulkan pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berdasarkan isi dan struktur menggunakan metode think talk write di kelas X SMK Pasundan 4 Bandung terlaksana dengan baik san berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengonstruksi, Struktur, negosiasi, Metode Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:33
Last Modified: 23 Aug 2018 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35639

Actions (login required)

View Item View Item