PEMBELAJARAN MENGANALISIS METODE PENOKOHAN DAN KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER NASONALISME MENGGUNAKAN METODE EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ASTRI ASMAYANTI, 145030078 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS METODE PENOKOHAN DAN KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER NASONALISME MENGGUNAKAN METODE EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGRRIS.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA RANGKAP 3.pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar pembelajaran menganalisis teks biografi di sekolah masih rendah. Karakter nasionalisme peserta didik pun masih rendah. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan masih monoton. Untuk itu, penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian pembelajaran menganalisis metode penokohan dan kebahasaan teks biografi. Itulah yang menjadi latar belakang penelitian yang berjudul Pembelajaran Menganalisis Metode Penokohan dan Kebahasaan Teks Biografi sebagai Pengembangan Karakter Nasionalisme Menggunakan Metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) pada Peserta Didik Kelas X SMK Pasundan 3 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dalam pembelajaran menganalisis metode penokohan dan kebahasaan teks biografi. Selain itu, untuk melihat perbedaan karakter nasionalisme melalui pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan teks biografi dengan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode mix method dengan desain penelitian campuran parallel devergen. Hipotesis yang terdapat dalam penelitian ini adalah metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis metode penokohan dan kebahasaan teks biografi dan terdapat perbedaan karakter nasionalisme peserta didik. Adapun hasil penelitiannya, yaitu metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan teks biografi dibuktikan dengan uji statistik thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol sebesar 23,53 > 10,97 dengan tingkat kepercayaan 95% pada d.b 24. Hasil penilaian karakter nasionalisme peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan dibuktikan dengan nilai rata-rata karakter nasionalisme kelas eksperimen sebesar 3,18, sedangkan kelas kontrol 3,08. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan teks biografi sebagai pengembangan karakter nasionalisme menggunakan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 berhasil dilakukan. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, metode penokohan, kebahasaan, teks biografi, karakter, nasionalisme, metode ECOLA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:28
Last Modified: 21 Aug 2018 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35585

Actions (login required)

View Item View Item