PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS ULASAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Irma Nurismayanti, 145030144 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS ULASAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap peserta didik, hal tersebut dikarenakan berpikir kritis mampu membantu peserta didik mengatasi permasalahan yang dihadapi terutama dalam proses pembelajaran. Kegiatan berpikir krtis tentunya tidak terlepas dari kegiatan membaca. Oleh karena itu, penulis memilih keterampilan membaca untuk mendukung terciptanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada penulis dalam melaksanakan pembelajaran menelaah struktur dan unsur kebahasaan teks ulasan menggunakan metode Jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah yang mewakili secara keseluruhan mengenai adakah peningkatan hasil belajar maupun kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain penelitian paralel konvergen. Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah uji coba, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya yaitu hasil pretes pada kelas eksperimen dengan rata-rata 29.5 dan hasil postes dengan rata-rata 94. Sementara hasil pretes pada kelas kontrol dengan rata-rata 17.5 dan postes dengan rata-rata 50. Sehingga menghasilkan presentase peningkatan nilai hasil pretes ke postes yaitu sebesar 216.1% untuk kelas eksperimen, dan 106.1% untuk kelas kontrol. Metode Jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan unsur kebahasaan teks ulasan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dengan penghitungan statistik dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas eksperimen yakni 22.27≥ 2.7 dan thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas kontrol yakni 1.76≤ 2.7, pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran berhasil. Kata kunci: berpikir kritis, membaca, metode kombinasi, teks ulasan, metode Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:24
Last Modified: 20 Aug 2018 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35537

Actions (login required)

View Item View Item