PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas-Dinas di Wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Hani Putri Fauziah, 144020127 and Pembimbing I, Prof. Dr. Hj Ida Suraida,M.S.,Ak,.C.A and Pembimbing 2, Budi Septiawan., SE., M.AK., MBA (2018) PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas-Dinas di Wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengasahan.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi dan penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pada dinas-dinas di wilayah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan sumber data primer. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah 104 orang, sampel penelitian yang digunakan 83 orang dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi dan penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pada dinas-dinas di wilayah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Persentase pengaruh pengendalian internal sebesar 13,8% terhadap kualitas laporan keuangan, besarnya persentase pemanfaatan teknologi informasi sebesar 23,8% terhadap kualitas laporan keuangan, dan besarnya persentase penerapan standar akuntansi pemerintahan sebesar 38,4% terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan persentase pengaruh pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi dan penerapan standar akuntansi pemerintahan secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan pada dinas-dinas di wilayah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sebesar 76,0% sedangkan sisanya yaitu sebesar 24% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:06
Last Modified: 16 Aug 2018 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35508

Actions (login required)

View Item View Item