Irfan Pernandi, 012030223 (2018) PERANAN KOREA OVERSEAS VOLUNTEER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
BAB I ASLI.doc Download (130kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc Download (20kB) |
|
Text
BAB II ASLI.doc Download (82kB) |
|
Text
DaftarPustaka.doc Download (36kB) |
|
Text
Cover Logo unpas.doc Download (76kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (42kB) |
Abstract
ABSTRAK Korea Overseas Volunteer merupakan realisasi bentuk komitmen bantuan teknik dari negara Republik Korea kepada Indonesia dalam memenuhi kebutuhan primer masyarakat Indonesia termasuk didalamnya pendidikan dan kesehatan. Khusus dalam pendidikan, tujuan pengiriman tenaga KOV adalah turut membantu penyelenggaraan dan peningkatan mutu pendidikan di instansi atau lembaga pendidikan dimana tenaga KOV ditugaskan. Sedangkan di lain pihak, pemerintah Indonesia menyelenggarakan standarisasi pendidikan formal berdasarkan kompetensi dan potensi sekolah sebagai usaha peningkatan mutu pendidikan nasional di level bawah (sekolah) terutama untuk tingkat pendidikan menengah, sehingga selain penyempurnaan kurikulum sekolah juga terjadi usaha peningkatan mutu pembelajaran di sekolah sebagai pencapaian standar nasional pendidikan. Tenaga KOV ditugaskan di sekolah-sekolah sebagai guru bantu berdasarkan permintaan dari pihak sekolah dalam membantu proses pendidikan sesuai dengan keahlian dan potensi dimana pihak sekolah merasa kekurangan dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah. Hal yang menarik perhatian untuk mengadakan penelitian adalah : Program-program apakah yang dilakukan KOV dalam membantu proses pendidikan menengah di Indonesia? Dan bagaimana kontribusi serta pengaruh peranan KOV terhadap proses pendidikan menengah di Indonesia? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan program-program yang dilaksanakan oleh KOV dalam meningkatan mutu pendidikan menengah di Indonesia. Dan selajutnya untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan kendala dan kontribusi dari program KOV dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sedangkan manfaat atau kegunaan dari penelitian ini secara teoritis untuk menambah wawasan ilmu Hubungan Internasional , khususnya yang menyangkut kerjasama internasional dalam mengatasi permasalahan negara berkembang terutama dalam bidang pendidikan. Selanjutnya secara praktis, penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi organisator dan praktisi pendidikan di Indonesia dalam menyingkapi permasalahan pendidikan di Indonesia yang cukup rumit. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi. Deskripsi adalah upaya untuk menjawab pertanyaan siapa, apa, dimana, kapan, atau berapa; sehingga merupakan upaya melaporkan apa yang terjadi, dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa dan kejadian yang ada dalam hal ini peranan KOV serta usahanya dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: keberadaan KOV di sekolah-sekolah di Indonesia secara kualitas telah membantu dalam peningkatan mutu proses pendidikan. Kontrbusi KOV terhadap pendidikan Indonesia dapat dilihat dari peningkatan motivasi, yakni motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas dan motivasi serta kreasi tenaga pendidikan, dan membantu dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendukung pendidikan. Jadi dengan kata lain, telah terjadi optimalisasi peranan KOV sehingga tujuannya untuk membantu peningkatan mutu Indonesia telah terpenuhi. Kata kunci : peranan Korea Overseas Volunteer, mutu proses pendidikan Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 03:06 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 03:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35427 |
Actions (login required)
View Item |