ANALISIS SELISIH ANGGARAN PENJUALAN PRODUK OBH PADA PT. GLOBAL HEALTH PHARMACEUTICAL

Silpiya, 012040094 (2018) ANALISIS SELISIH ANGGARAN PENJUALAN PRODUK OBH PADA PT. GLOBAL HEALTH PHARMACEUTICAL. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK (sunda).doc

Download (25kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (145kB)
[img] Text
ABSTRAK (Indonesia).doc

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRACT (English).doc

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (23kB)

Abstract

PT. Global Health Pharmaceutical adalah salah satu anak perusahaan PT. Lucas dengan jenis usaha sebagai distributor obat-obatan generik dengan merek “OBH”. Saat ini permasalahan yang dihadapi yaitu adanya penyimpangan antara anggaran penjualan dengan realisasi penjualan, dimana realisasi penjualan lebih kecil daripada anggaran penjualan periode 2003-2005. Permasalahan tersebut disebabkan perusahaan melakukan mark up dalam penyusunan anggaran penjualan dengan tujuan untuk mendapatkan dana pinjaman, hal ini khususnya terjadi pada tahun 2004. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisis selisih anggaran penjualan produk OBH di PT. Global Health Pharmaceutical. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan perusahaan berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan, observasi nonpartisipan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perbedaan kuantitas dan perbedaan harga. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa adanya penyimpangan antara anggaran dengan realisasi, pada tahun 2003 penyimpangan antara anggaran dan realisasi sebesar 3%, tahun 2004 kenaikan penyimpangan sebesar 5%, sedangkan tahun 2005 penyimpangan sebesar 5%. Hal tersebut menunjukkan kurangnya ketelitian perusahaan dalam menyusun anggaran penjualan, mengingat situasi dan kondisi perusahaan setiap periode tidak selalu sama. Faktor-faktor dalam analisis selisih anggaran penjualan produk OBH pada PT. Global Health Pharmaceutical yaitu faktor kemampuan personil, sifat atau gaya manajemen dan struktur organisasi. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu sebaiknya perusahaan dalam menyusun anggaran penjualan hendaknya menggunakan metode-metode yang lain, baik kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut bertujuan agar anggaran penjualan yang dianggarkan akan lebih akurat dan dapat dijadikan pedoman perusahaan dalam melaksanakan aktivitas perusahaannya, selain itu alangkah baiknya perusahaan mulai menyusun divisi penjualan langsung dan departemen anggaran dalam upaya meningkatkan penjualan. Kata Kunci: Anggaran Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:01
Last Modified: 31 Jul 2018 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34301

Actions (login required)

View Item View Item