EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E DIMODERASI PERAN ORANG TUA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS SISWA SERTA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Fikri Ulul Albab, NPM :168060023 (2018) EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E DIMODERASI PERAN ORANG TUA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS SISWA SERTA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
FIKRI.doc

Download (56kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan menganalisis keefektifan pembelajaran menggunakan Learning Cycle 7E dimoderasi perang orang tua untuk menurunkan tingkat kecemasan matematis siswa serta meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman matematis siswa. Menggunakan Mixed Method tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK N 1 Japara, dengan teknik Purposive Sampling, diperoleh kelas X MM A (eksperimen), dan kelas X MM B (kontrol). Instrumen penelitian ini dengan tes penalaran dan pemahaman matematis serta observasi aktivitas siswa, skala dan wawancara kecemasan matematis dan peran orang tua siswa. Analisis statistik yang dilakukan dengan Uji Normalitas, Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji ANOVA dua jalur, Uji Korelasi, Effect Size, N-Gain, Ketuntasan Klasikal dan Proporsi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Kegiatan learning cycle 7E dibandingkan pembelajaran konvensional yang dimoderasi peran orang tua siswa dalam menurunkan tingkat kecemasan matematis serta meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman matematis siswa Efektif dalam kriteria sedang, dengan tes akhir kemampuan penalaran dan pemahaman matematis siswa menggunakan learning cycle 7E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional dimoderasi peran orang tua siswa (baik, sedang dan kurang), dan terdapat hubungan positif antara kecemasan matematis siswa, kemampuan penalaran dan pemahaman matematis siswa. Saran dari penelitian ini ialah kegiatan pembelajaran hendaknya melakukan strategi 3H (hand, Head, Heart). Kata Kunci: efektivitas pembelajaran, learning cycle 7E, kecemasan matematis siswa, peran orang tua siswa, kemampuan penalaran matematis siswa, kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Jul 2018 10:39
Last Modified: 13 Jul 2018 10:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34161

Actions (login required)

View Item View Item