STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM COMMUNITY MARKETING DI BANK DANAMON JAWA BARAT (Studi Kasus Stategi Program Community Marketing Pada Bank Danamon SND 05 Jawa Barat)

LULU LUSI GEMMAYANTY, NPM : 158080017 (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM COMMUNITY MARKETING DI BANK DANAMON JAWA BARAT (Studi Kasus Stategi Program Community Marketing Pada Bank Danamon SND 05 Jawa Barat). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.LULUGEM.docx

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada strategi komunikasi perencanaan dalam Program Community Marketing yang di lakukan Cabang yang ada di Jawa Barat, untuk mengidentifikasi dan menganalisa strategi komunikasi perencanaan sepeti apa yang di lakukan di Bank Danamon. Penelitian ini mengaplikasikan strategi komunikasi pemasaran Belch & Belch. Melalui metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan datanya dengan wawancara dan analisis datanya secara kualitatif. Dalam penelitian ini ada 5 informan . Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi perencanaan dalam Program Community Marketing yang di lakukan Cabang yang ada di Jawa Barat, (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi analisis situasi dari program promosi pada Cabang Danamon di Jawa Barat (3) Untuk mengetahui bagaimana strategi analisis proses komunikasi dari program promosi pada Cabang Danamon di Jawa Barat (4) Untuk mengetahui bagaimana strategi penentuan anggaran pada Cabang Danamon di Jawa Barat (5) Untuk mengetahui bagaimana strategi dalam menggembangkan program IMC pada Cabang Danamon di Jawa Barat (6) Untuk mengetahui bagaimana strategi dalam menitor, evaluasi, dan control situasi dari program promosi pada Cabang Danamon di Jawa Barat . Hasil penelitian menunjukkan, : (1)Bank Danamon telah banyak membuka lini bisnis baru, meluncurkan produk-produk baru danstrategi-strategi bisnis lainnya. Aktivitas bisnis ini merupakan respon atas lingkungan bisnis khususnya lingkungan khusus/mikro yakni faktor pesaing dan konsumen. Langkah tersebut merupakan strategi bisnis yang diambil oleh Bank Danamon dalam menghadapi persaingan dalam industri perbankan dan juga karena adanya konsumen/pasar yang potensial terhadap produk-produk yang ditawarkan.(2) Berdasarkan faktor-faktor lingkungan bisnis dan aktivitas bisnis yang dilakukan Bank Danamon di atas dapat dianalisa kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan (analisasi SWOT) yang dihadapi perusahaan,Hal ini membuat Bank Danamon telah cukup berpengalaman untuk survive dalam menghadapi krisis keuangan. - Adanya variasi produk dan portofolio bisnis Bank Danamon yang beragam dan mencakup seluruh kalangan masyarakat sehingga dapat mengurangi resiko bisnis yang dihadapi perusahaan. - Produk-produk Bank Danamon (khususnya Danamon Simpan Pinjam dan Adira Finance) termasuk market leader dalam pangsa pasarnya, (3)Bank Danamon belum sepenuhnya memastikan terpenuhinya kebutuhan nasabah dengan tidak mengesampingkan pertimbangan pertimbangan yang matang terhadap risiko terkait.DenganadanyadenganprodukDanamon Lebih (422) Tabungan MU (430) FlexiMax (413,419), (4)Bank Danamon memiliki data laporan keuangan yang disusun berdasarkan prinsip akutansi yang berlaku, yang meliputi tujuan umum, karakteristik informasi keuangan dan unsur-unsur laporan keuangan , untuk memperoleh gambaran mengenai keaadan yang sebenarnya dari data laporan keuangantersebut. (5)Bank Danamon kurang mengkomunikasikan community marketingkepada tiap canbang bank danamon dengan program komunikasi pemasaran yang mengabungkan beberapa alat-alat yang digunakan dalam menyampaikan informasi diantaranya dengan promosi berupa event-event, dan bonus point untuk nasabah. (6) Bank Danamon Cabang dalam meningkatkan dan mempertahankan nasabahnya dengan cara kegiatan promosi penjualan yaitu menginformasikan iklan menawarkan produk dengan insentif bunga yang menarik, dan menampilkan pameran, pertunjukan artis terbukti cukup baik, sehingga terlihat dari kepuasan nasabah. Adanya kmunikasi langsung terhadap nasabah untuk tetap mempertahankan kecercayannya kepada bank danamon, selalu memberikan yang terbaik untuk nasabahnya.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Jul 2018 07:16
Last Modified: 07 Jul 2018 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34137

Actions (login required)

View Item View Item