UNSUR ACCIDENTALIA DALAM PEMBELIAN PRE-ORDER KORELASINYA DENGAN PRINSIP KEBEBASAN BERKONTRAK DALAM MEWUJUDKAN KEPASTIAN HUKUM

Muh. Hikmat Sudiadi, NPM : 118412051 (2018) UNSUR ACCIDENTALIA DALAM PEMBELIAN PRE-ORDER KORELASINYA DENGAN PRINSIP KEBEBASAN BERKONTRAK DALAM MEWUJUDKAN KEPASTIAN HUKUM. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Hikmat.doc

Download (53kB)

Abstract

Salah satu sistem pembeliandalam perdagangan online yang sering digunakan di Indonesia adalah purchase by order (Pre-order). Dalam sistem ini pembayaran haruslah didahulukan konsumen sebelum pesanan diterima. Dikarenakan sistem Pre-order dilakukan dengan menggunakan perjanjian baku, maka pihak pembeli tidak diberikan kesempatan untuk melakukan negosiasi mengenai ketentuan accidentalia yang seharusnya ada dinyatakan secara tegas, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian bagi pihak pembeli pada saat terjadi sengketa. Mengingat adanya prinsip kebebasan berkontrak yang bertujuan untuk mewujudkan keadilan, perlu adanya perlindungan hukum bagi konsumen dalam pembelian Pre-order. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, yaitu menguji dan mengkaji data sekunder. Berkenaan dengan pendekatan yuridis normatif yang digunakan, maka penelitian yang dilakukan melalui dua tahap yaitu studi kepustakaan dan penelitian lapangan yang hanya bersifat penunjang, analisis data yang dipergunakan adalah analisis yuridis kualitatif, yaitu data yang diperoleh, baik berupa data sekunder dan data primer dianalisis dengan tanpa menggunakan rumusan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak diterapkannya unsuraccidentaliadi dalam perjanjian online pre-ordermenyebabkan lahirnya klausula eksonerasi yang dapat merugikan salah satu pihak. Salah satu bentuk perlindungan hukum bagi pembeli yaitu dengan mendapatkan ganti kerugian yang harus diberikan oleh penjual akibat dari kesalahan, kelalaian atau keteledoran mengingat adanya ketentuan Pasal 1366 KUH Perdata. Untuk mewujudkan kepastian hukum dalam perjanjian online Pre- Order adalah dengan penjabaran yang tergambar lewat tulisan (written law), sehingga jika seseorang subjek hukum yang terikat pada perjanjian berbasis Accidentalia dalam pembelian dengan sistem Pre-Order maka bisa menuntut secara hukum maupun melakukan upaya yang tidak bertentangan dengan norma kesopanan dan Peraturan Perundang Undangan yang berlaku di Indoensia sebagai hukum Positif. Kata Kunci: Pre-order, Accidentalia, dan Kebebasan Berkontrak.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:03
Last Modified: 05 Jun 2018 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item