STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN FARMASI PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT

Dini Juwita, NPM : 158010032 (2018) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN FARMASI PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Dini1.doc

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemenuhan kebutuhan pasien akan obat dan informasi serta memberikan pelayanan yang memuaskan pada pasien rawat jalan adalah orientasi utama dalam pelayanan kefarmasian yang sesuai standar pelayanan kefarmasian. Standar pelayanan kefarmasian ini merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Metode penelitian yang ditetapkan adalah deskriptif kualitatif, karena berhubungan dengan penelitian alamiah terkait dengan tempat dan waktu, dasar pertimbangan konsep naturalistik kenyataan berdimensi jamak, kesatuan utuh, berubah, dan terbuka. Analisa yang digunakan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan sesuai standar pelayanan farmasi pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit jiwa Provinsi Jawa Barat adalah analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi belum optimal, hal ini nampak dari masih lamanya pelayanan resep yang belum sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian, karena kurangnya tenaga Apoteker yang memberikan pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat dimana rasio jumlah apoteker dan jumlah resep yang dilayani adalah 1 : 150 padahal menurut standar pelayanan kefarmasian seharunya 1 : 50. Staretegi yang disarankan untuk dilakukan dalam peningkatan kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat melalui penambahan Sumber Daya Manusia khususnya Apoteker dengan penggajian melalui dana BLUD, dimana dengan adanya penambahan Apoteker dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi yang sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian. Penambahan tenaga Apoteker melalui penggajian dari dana BLUD karena sesuai dengan prinsip BLUD tentang fleksibilitas penggunaan anggaran guna menunjang peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Farmasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Mar 2018 09:09
Last Modified: 08 Mar 2018 09:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33794

Actions (login required)

View Item View Item