Pengukuran Beban Kerja Operator Dengan Menggunakan Metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS) Studi Kasus Pembuatan Produk Troli Di PT. Satria Teknik Mandiri

SAYID GHAFAR, 133010172 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS and Rizki Wahyuniardi, Ds (2018) Pengukuran Beban Kerja Operator Dengan Menggunakan Metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS) Studi Kasus Pembuatan Produk Troli Di PT. Satria Teknik Mandiri. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA BAB 1 GHAFAR baru pisan print.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. SATRIA TEKNIK MANDIRI (Persero) merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dengan produk yang dihasilkan berupa produk troli dan rak. PT Satria Teknik Mandiri berdiri tanggal 19 april 2002, berstatus Perseroan Terbatas. PT Satria Teknik Mandiri beralamatkan di Jl. BSD - Victor 68 15310 Tangerang Banten – Indonesia. Pada awalnya PT Satria Teknik Mandiri hanya beroperasi di bidang pengelasan besi. Kemudian perusahaan ini semakin berkembang. PT.Satria Teknik Mandiri merupakan perusahaan pembuatan troli dan rak dengan bahan alumunium, besi, dan roda. Sistem produksi perusahaan PT.Satria Teknik Mandiri yaitu make to order. Dalam memproduksi troli dan rak tersebut terjadi penumpukan pada sisi permintaan produk lagi. Permintaan pada bulan januari, februari, maret pada tahun 2017 adalah 290 unit akan tetapi pencapaian produksi yang dilakukan hanya berkisar 240 unit. Pencapain produksi yang kecil merupakan permasalahan bagi perusahaan, sedangkan target produksi yang tinggi merupakan beban bagi karyawan dan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, maka dari itu tingginya beban kerja yang dirasakan operator bagian produksi menjadi penting untuk dilakukan pengukuran beban kerja. Model pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu dengan menggunakan metode DRAWS (Defence Research Agency Workload Scale) yang memiliki empat variabel yaitu Input Demand, Central Demand, Output Demand, dan Time Pressure. Hasil penyebaran kuisioner serta pengolahan data terhadap operator bagian produksi menunjukan bahwa dari 25 responden yaitu 1 orang underload, 19 orang optimalload, dan 5 orang overload. Dari 5 orang yang overload nilai beban kerja lebih dari 60%. Dari hasil pengolahan Data Bab VI maka dapat diketahui bahwa beban kerja di PT.Satria Teknik Mandiri terdapat 1 operator yang underload, 19 operator Optimal load, dan 5 operator yang overload. Dari keempat variabel DRAWS yaitu input demand, central demand, output demand dan time pressure dapat diketahui variabel mana yang paling dominan yang dirasakan oleh operator di PT.Satria Teknik Mandiri berdasarkan skor beban kerja masing-masing variabel. Pada operator yang dirasakan dari keempat variabel beban kerja DRAWS adalah variabel Input Demand sebesar 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 28 Feb 2018 23:17
Last Modified: 28 Feb 2018 23:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item