Rini Susanti, 125020103 (2018) Pengaruh Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Di SMKN 4 Bandung (Studi Kasus Pada Kelas X MM Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Pokok Bahasan Break Even Point Semester Genap tahun ajaran 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak-1.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Pengaruh Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Proses Belajar Mengajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Kelas X MM SMKN 4 Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan multimedia pembelajaran berbasis audio-visual dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan sub pokok bahasan break event point kelas X MM di SMKN 4 Bandung serta pengaruh penerapan multimedia pembelajaran berbasis audio-visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan sub pokok bahasan break event point kelas X MM di SMKN 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MM di SMKN 4 Bandung yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean ) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai multimedia pembelajaran berbasis audio-visual sebesar 3,95 (79% )sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 3,96 (79% ), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap multimedia pembelajaran berbasis audio-visual dan minat belajar siswa “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian menunjukan pengaruh penerapan multimedia pembelajaran berbasis audio-visual yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 71,2%. Hal ini dinyatakan variabel X dan variabel Y mempunyai pengaruh sebesar 71,2% dan sisanya 29,8% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 71,2% disebabkan oleh indikator variabel X. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang salah satunya adalah pembelajaran menggunakan media audio-visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena metode ini dapat membuat siswa aktif sehingga lebih termotivasi untuk belajar. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Audio-Visual, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 08:21 |
Last Modified: | 27 Feb 2018 08:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33637 |
Actions (login required)
View Item |