Usulan perencanaan persediaan suku cadang mesin printer dengan menggunakan metode eqonomic order interval (studi kasus pt samafitro)

HERIN SEPTIAN, 133010059 and Sutarman, DS and Nurman Helmi, ds (2018) Usulan perencanaan persediaan suku cadang mesin printer dengan menggunakan metode eqonomic order interval (studi kasus pt samafitro). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Samafitro merupakan parallel distributor untuk mesin printer dan pelayanan purna jual distributor tunggal untuk produk CANON. Berdasarkan Hasil pengumpulan data penggunaan suku cadang mesin printer di PT Samafitro pada periode sebelumnya berjumlah 314 Jenis suku cadang, dari jumlah tersebut memiliki jumlah permintaan dan harga yang berbeda, oleh karena itu perlu dipilih suku cadang berkontribusi besar, artinya perlu dikendalikan secara ketat. Dalam penentuan skala prioritasnya menggunakan teori ABC. Berdasarkan hasil pengolahan data penentuan prioritas suku cadang bahwa yang termasuk kedalam kelompok A(ketat) sebanyak 13 buah suku cadang, dari 13 suku cadang ini menyerap dana sebanyak 80% dan hanya menyerap 70% dari total julah item dari seluruh item yang harus dikendalikan. Peramalan kebutuhan dilakukan untuk memproyeksikan rencana persediaan suku cadang pada periode selanjutnya, peramalan dilakukan dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu Linier Regresi, Moving Average dan Single Ekponential Smooting dan menggunakan tiga ukuran nilai kesalahan untuk menentukan peramalan yang digunakan mean absolute deviation, mean square error dan mean absolute percent error. Penentuan kebijakan inventorinya menggunakan Economic Order Interval (EOI), metode ini menghasilkan interval waktu yang tetap untuk perencanaan kebijakan inventorinya, hal ini bertujuan agar dalam proses pemesanannya lebih praktis dilakukan oleh perusahaan, karena ukuran pemesanan dilihat berdasarkan waktu antar pemesanannya. Waktu antar pemesanan untuk 13 jenis suku cadang adalah 0,1890 tahun atau 2,2 bulan atau 9 minggu. Berdasarkan hasil perhitungan waktu antar pemesanan, dapat dihitung ukuran pemesanan dari setiap masing-masing item suku cadang, sehingga total biayanya sebesar Rp.5.194.214.874. Kata kunci :, Skala Prioritas ABC, Peramalan Kebutuhan, Kebijakan Inventori

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Feb 2018 07:51
Last Modified: 23 Feb 2018 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33537

Actions (login required)

View Item View Item