PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

AFWA IMANI PUTRI, 135040037 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA .pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1. AFWA IMANI PUTRI.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. AFWA IMANI PUTRI.pdf

Download (783kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pembuktian peningkatan motivasi belajar siswa SMA yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif visual (MIVI) pada konsep sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada konsep sistem pencernaan manusia, yang disebabkan oleh proses belajar yang menggunakan metode konvensional (cermah). Akibatnya siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran Biologi dan mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 3 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa 25 butir angket motivasi siswa, lembar wawancara siswa dan guru, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan MIVI. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata awal pembelajaran sebesar 50,32 dan akhir pembelajaran sebesar 82,62 dengan nilai rata-rata akhir dalam kategori baik. Setelah dilakukan uji hipotesis pada motivasi belajar siswa diperoleh data yang menunjukan bahwa hipotesis HO ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum diberi dengan sesudah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI. Untuk respon siswa dan guru dalam lembar wawancara menunjukan pendapat yang positif terhadap pembelajaran berbasis MIVI. Sedangkan untuk tanggapan siswa terhadap pembelajaram, mendapatkan tanggapan positif dan memenuhi kriteria baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis MIVI dalam pembelajaran Biologi pada konsep sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Motivasi Belajar, MIVI (Multimedia Interaktif Visual), Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Feb 2018 07:02
Last Modified: 22 Feb 2018 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33504

Actions (login required)

View Item View Item