PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Dengan Topik Bahasan Membaca Peta Lingkungan Setempat Dilaksanakan Pada Siswa Kelas I V S ekolah D asar N egeri Batununggal 3 )

SUSI SYAMSIAH, 12 5060 969 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Dengan Topik Bahasan Membaca Peta Lingkungan Setempat Dilaksanakan Pada Siswa Kelas I V S ekolah D asar N egeri Batununggal 3 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
Cover Skripsi Kls 4.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK Susi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I kls 4.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM pada mata pelajaran IPS di kelas IV pada t opik membaca peta lingkungan setempat . Kurangnya minat belajar bagi peserta didik mempengaruhi rendahnya hasil belajar . Alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa diterapkan model pembelajaran Make A Match . Tujuan penelitian ini adalah mengguna kan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS topik bahasan membaca peta lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Batununggal 3. Objeknya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Batununggal 3 Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. Dalam p enelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar kerja siswa, lembar observasi penilaian RPP dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2015 deng an prosedur yang terbagi dalam t iga tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu : perencanaan - tindakan dan observasi - refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa di setiap siklus m engalami peningkatan dalam mencapai KKM, yaitu pada siklus ke I siswa yang tuntas mencapai KKM berjumlah 21 siswa atau 61,8 %, pada siklus ke II siswa yang tuntas mencapai KKM menjadi 2 5 siswa atau 73,5%, sedangkan di siklus ke III siswa yang tuntas mencapai KKM menjadi 30 siswa atau 88, 2%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat . Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan bagi peneliti selanjutnya yang menggunakan metode ini, upayakan untuk mengarahkan siswa dalam mencari pasangannya serta berikan motivasi pada siswa, agar hasil diperoleh dapat maksimal . Kata kunci : Model pembelajaran Make A Match , hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:04
Last Modified: 13 Apr 2016 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item