KAJIAN IMPLEMENTASI PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEGAWAI DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) (Studi Kasus Di Pusdiklat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung)

RATNA PRAWITASARI, NPM. 158020016 (2018) KAJIAN IMPLEMENTASI PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEGAWAI DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) (Studi Kasus Di Pusdiklat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal ratna MM - Copy.docx

Download (57kB)

Abstract

: Perusahaan tidak akan mencapai tujuannya dengan baik apabila tidak ditunjang dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten dimana hal tersebut merupakan human investment. Oleh karenanya perusahaan perlu menyediakan program pelatihan dan melaksanakan pelatihan tersebut untuk pengembangan potensi para pegawai. Pelatihan memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kompetensi, yang pada akhirnya akan memberikan dampak terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji implementasi pelatihan dalam upaya meningkatkan kompetensi pegawai, melihat faktor-faktor yang menghambat selama persiapan dan pelaksanaan pelatihan serta strategi pelatihan untuk peningkatan kompetensi di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan sumber data primer yaitu hasil wawancara dan pengamatan serta data sekunder yaitu studi literatur yang dilakukan terhadap buku, catatan – catatan yang berhubungan dengan penelitian dan situs internet. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pelatihan yang diberikan cukup baik dalam membantu meningkatkan kompetensi pegawai, namun masih ada beberapa yang belum optimal. Serta strategi pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi, dilihat berdasarkan hasil empat evaluasi pelatihan dari Kirkpatrick seperti reaction, learning, behavior, result, namun hal ini juga belum berjalan dengan baik pada aspek behavior dan result kerana adanya kendala. Penelitian ini memberikan penjelasan bahwa pentingnya mengkaji ulang pelatihan yang telah diberikan untuk menjadi perbaikan implementasi pelatihan berikutnya dalam upaya meningkatkan kompetensi pegawai. Kata kunci : Metode Kualitatif, pelatihan, kompetensi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Feb 2018 07:31
Last Modified: 21 Feb 2018 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33479

Actions (login required)

View Item View Item