BEGAWAN KEVINRAMA MUSLIM dan Dr. H. Waska Warta, M.M . (2018) PERANCANGAN MEDIA BUKU CERITA INTERAKTIF EKOLOGI SERI TUMBUHAN BERWAWASAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT UNTUK ANAK USIA DINI. BEGAWAN KEVINRAMA MUSLIM 146010060. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
|
Text
Awal.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sumber daya alam (SDA) merupakan sumber penghidupan mayoritas masyarakat Indonesia, baik secara langsung, melalui industri, ataupun perdagangan. Kondisi SDA saat ini mengalami penurunan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, diakibatkan oleh perilaku masyarakatnya sendiri yang cenderung memenuhi kebutuhan dengan berorientasi hanya pada prinsip ekonomi tanpa memperhatikan kelestarian alam, seperti pembalakan hutan, perburuan liar, penangkapan ikan dengan p ukat harimau, juga polusi sampah dan udara. Banyaknya kasus degradasi SDA saat ini, ditambah lagi laju pertumbuhan masyarakat Indonesia yang tetap tinggi dikhawatirkan dapat menyebabkan kelangkaan SDA yang layak serta mengurangi kemampuan generasi mendatan g dalam memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu dibutuhkan pemahaman terhadap pemanfaatan lingkungan agar pemenuhan kebutuhan generasi sekarang dapat dipenuhi tanpa mengurangi kemampuan pemenuhan kebutuhan generasi mendatang, yang merupakan tujuan dari educat ion for sustainable development (ESD). Usia dini sebagai tingkat usia paling dasar dalam proses pendidikan, perlu ditanamkan wawasan ESD, agar terbentuk generasi baru yang memiliki kecintaan dan kesadaran terhadap pentingnya lingkungan alam sejak dini. Unt uk mendukung anak usia dini dalam mengenal lingkungan alam, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perlu menciptakan lingkungan beraksara demi menumbuhkan lebih banyak penguasaan kosa kata terhadap lingkungan alam, sehingga anak mampu menyerap ilmu lebih banyak dalam pengenalan lingkungan alam. Maka dari itu penulis melakukan perancangan media pendukung pengenalan lingkungan alam berwawasan ESD untuk PAUD sebagai media pelengkap pengenalan lingkungan alam di sekolah, media penanaman pola pikir berwawasan ESD meng enai lingkungan alam, juga media yang mampu menciptakan lingkungan beraksara bagi anak usia dini. Kata Kunci : Lingkungan Alam, ESD, Media Pendidikan Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 04:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33052 |
Actions (login required)
View Item |