Andiny Ramadhanita, 115030103 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS WACANA KRITIS PADA SISWA KELAS VII MTS AL-AMANAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (156kB) |
|
Text
ABSTRAK .docx Download (26kB) |
|
Text
bab I.docx Download (33kB) |
Abstract
Membaca merupakan suatu aktivitas alternatif untuk menangkap ide, ga-gasan, dan pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagaian o-rang, membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang di-baca dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik mela-kukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Analisis Wacana Kritis pada Siswa Kelas VII MTs Al-Amanah Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Permasalahan Penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah pe-nulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan meng-gunakan metode analisis wacana kritis pada Siswa Kelas VII MTs Al-Amanah Bandung (2) Mampuhkah siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung mengidentifikasi tek eksposisi dengan menggunakan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat? (3) Efektifkah metode analisis wacana kritis digunakan untuk pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi pada Siswa Kelas VII MTs Al-Amanah Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan metode analisis wacana kritis pada Siswa Kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. (2) siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung mampu mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan tema, struktur teks, ciri kebahasaaan, dan kaidah penulisan yang tepat. (3) Metode analisis wacana kritis efektif digunakan dalam pembelajaran mengidenifikasi teks eksposisi pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan, penu-lis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan metode analisis wacana kritis pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persiapan pembelajaran mendapatka nilai 3,56 dengan kategori sangat baik. 2. Siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung mampu mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan tema, struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 31 dan nilai rata-rata postes 57,16. Peningkatannya sebesar 26,16. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan nilai rata-rata postes yaitu 26,16. 3. Metode analisis wacana kritis efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 10,94 ≥ 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan metode analisis wacana kritis menunjuk-kan keberhasilan. Kata Kunci : Pembelajaran, mengidentifikasi, teks eksposisi, metode analisis wacana kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 06:37 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3305 |
Actions (login required)
View Item |