Dahliani 125020065, 125020065 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada siswa Kelas X SMKN 11 BANDUNG dengan Materi Pokok Model dan Pelaku Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Skripsi ini berjudul : “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Discovery Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada siswa Kelas X SMKN 11 BANDUNG dengan Materi Pokok Model dan Pelaku Ekonomi)”. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kondisi kelas saat diterapkan model pembelajaran, (2) Untuk mengetahui motivasi awal belajar siswa kelas X di SMKN 1 Bandung, (3) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model model pembelajaran kontekstual metode discovery, (4) Untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual metode discovery. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi atau eksperimen semu dengan satu kelas eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dengan teknik pengolahan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, Hipotesis penelitian berbunyi “Implementasi model pembelajaran kontekstual metode discovery (X) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik (Y).. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 11 Bandung, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X Akuntansi 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelompok kontrol, masing-masing sebanyak 36 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket. Gambaran motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi 1 berada pada kategori tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual metode discovery berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 11 Bandung. Kata kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Metode Discovery, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 02:48 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33014 |
Actions (login required)
View Item |