DEWI KOMALA S, 135060208 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas III SD YKPPK Bandung Wetan Kota Bandung Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER .pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center)dan rendahnya nilai hasil belajar siswa. sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap santun, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Pelestarian hewan dan tumbuhan langka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD YKPPK Bandung, sebanyak 23 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap santun, peduli, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 67% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 8 orang siswa atau sebesar 33%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 88% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 13%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 23 orang atau sebesar 96% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 4%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori kurang (D). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 06:12 |
Last Modified: | 10 Feb 2018 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33006 |
Actions (login required)
View Item |