Yandi Anwari (2018) PEMBELAJARAN VOKAL PADA EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK BERMATERI NASYID DI SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA. Yandi Anwari 12 . 60400 55. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran vokal pada ektrakurikuler seni musik bermateri nasyid di SMAN 2 Tasikmalaya . Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini karena beberapa pertimbangan antara lain: (1) P enelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan permasalahan yang terkait dengan pembelajaran vokal pada ektrakurikuler seni musik bermateri nasyid di SMAN 2 Tasikmalaya (2) Penelitian ini lebih bersifat induktif, artinya peneliti berusaha mendeskripsi kan permasalahan berdasar data yang terbuka bagi penelitian lebih lanjut; (3) Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang wajar dan mengutamakan data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa Materi yang diberikan dalam proses pembelajara n Nasyid pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Tasikmalaya sudah sesuai dengan kemampuan siswa sehingga siswa tidak merasa terbebani. Bahkan beberapa siswa merasa mudah untuk menyerap materi yang diberikan sehingga tanpa hadirnya seorang guru pun siswa masi h bisa berlatih bersama dengan siswa lainnya. M etode yang digunakan dalam proses pembelajaran Nasyid pada esktrakurikuler di SMA Negeri 2 Tasikmalaya, metode yang digunakan cukup membuat siswa mempelajari dengan mudah materi yang disampaikan oleh guru. Met ode ini sangat berpengaruh terhadap ketertarikkan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga dengan metode yang tepat membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh. H asil pembelajaran Nasyid pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Tasikmalaya, terdap at peningkatan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Peningkatan hasil belajar ini dipengaruhi oleh pemilihan materi yang tepat dan metode pembelajaran yang sesuai. Sehingga siswa lebih fokus dalam pembelajaran yang menyebabka n peningkatan pada hasil belajar siswa Kata kunci : Nasyid, Materi, Metode, Hasil
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 03:02 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 03:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32957 |
Actions (login required)
View Item |