Analisis Usulan Pengembangan Desain Produk Pesawat Perintis Jenis n-219 dengan Menggunakan Metoda House of Quality di PT. Dirgantara Indonesia

Dadang Hendriana, DS and TIODOVA SATRIA WIDODO, 133010143 and ASEP SAEFUL BACHRI RAMLI, DS (2018) Analisis Usulan Pengembangan Desain Produk Pesawat Perintis Jenis n-219 dengan Menggunakan Metoda House of Quality di PT. Dirgantara Indonesia. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak Tiodova.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam dunia penerbangan di Indonesia, angkutan udara perintis memiliki peran yang sangat vital, yaitu sebagai alat transportasi yang cepat serta memiliki kemampuan penetrasi hingga ke pelosok wilayah terpencil di Indonesia seperti kemampuannya untuk membuka daerah-daerah terisolir, mengembangkan dan membangun daerah-daerah tersebut, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya di daerah tersebut. PT Dirgantara Indonesia memiliki pesawat N-219 yang merupakan pesawat generasi kedua setelah N250. Pesawat berkapasitas 19 penumpang itu didesain sebagai pesawat perintis yang bisa mendarat di tanah, berumput, atau berkerikil dengan panjang landasan 600 meter. Potensi pasar untuk angkut penumpang cukup besar terlebih untuk penerbangan antar pulau dan penerbangan perintis di daerah-daerah terpencil di Indoensia yang akses transportasinya masih sulit, menjadikan PT. Dirgantara Indonesia memiliki peluang untuk memasarkan pesawat jenis tersebut. Oleh sebab itu, Suatu perusahaan harus dapat menganalisa keinginan dan kebutuhan konsumen (pasar) yang harus disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Berdasarkan uraian diatas, maka perlu adanya penelitian mengenai usulan pengembangan desain produk pesawat perintis untuk penerbangan komersil pada wilayah Indonesia timur yan tepat dengan melakukan perbaikan pada kesesuaian produk berdasarkan kebutuhan konsumen di PT. Dirgantara Indoensia. Mengacu pada permasalahan diatas, peneliti mencoba mengembangkan produk pesawat perintis N-219 yang sesuai dengan keinginan konsumen. Model pemecahan masalah yang digunakan yaitu House of Quality untuk merancang produk pesawat perintis yang sesuai berdasarkan kebutuhan konsumen. Metode House of Quality ini merupakan metode yang bersifat subjektif serta dapat digunakan untuk menkonversi voice of customer secara langsung terhadap karakteristik teknis atau spesifikasi dari sebuah produk yang dihasilkan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah usulan pengembangan pesawat terbang perintis jenis N-219 yang sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan metode House of Quality di PT. Dirgantara Indonesia. Keinginan konsumen mengenai produk pesawat N-219 yang akan dikembangkan mencakup hal-hal seperti jenis mesin pesawat, kemampuan short take off atau landing dan mudah dioperasikan di daerah terpencil, teknologi kendali pesawat, sistem pengoperasian dan pemeliharaan pesawat, dan desai pesawat yang mencakup desain dalam pesawat dan luar pesawat. Kata kunci: PT. Dirgantara Indonesia, Bauran Pemasaran, Perencanaan Pengembangan Produk, House of Quality.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 01 Feb 2018 03:35
Last Modified: 01 Feb 2018 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32765

Actions (login required)

View Item View Item