PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN AKUNTABILITAS PUBLIK TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Inspektorat Provinsi Jawa Barat)

Febriyanti Safitri, 134020064 and Pembimbing I, Dr. Elvira Zeyn.,SE.,MSi.,AK.,CA (2017) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN AKUNTABILITAS PUBLIK TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Inspektorat Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kinerja Finansial Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dapat dinilai melalui Kualitas Laporan Keuangan. Dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan diperlukan adanya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Akuntabilitas Publik yang baik. Sehingga informasi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Penelitian ini ditujukan untuk meneliti pengaruh dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Akuntabilitas Publik terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sampel dari penelitian ini adalah Bagian Akuntansi dan Pelaporan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, serta Auditor di Inspektorat Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 33 Responden. Pengolahan data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan Analisis Korelasi. Dalam penilaian kualitas data yang digunakan peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas. Selain itu juga dilakukan Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas dan Uji Heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Akuntabilitas Publik terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar 62,4%, sedangkan sisanya 37,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, yakni Kompetensi sumber daya manusia, Komitmen organisasi, transparansi, standar akuntansi, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, tata kelola pemerintahan, dan lain sebagainya. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Akuntabilitas Publik, Kualitas Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:04
Last Modified: 31 Jan 2018 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item View Item