ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) TERASI DI KOTA TOBOALI KABUPATEN BANGKA SELATAN

Maya Septi Andini, 134030083 and Pembimbing 1, Dr. H. Tete Saepudin., SE., MSi (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) TERASI DI KOTA TOBOALI KABUPATEN BANGKA SELATAN. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-REF.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-Pasca Sidang-REF.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-Pasca Sidang-REF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-Pasca Sidang-REF.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka 1-3-REF.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Peran IKM Terasi di Kabupaten Bangka Selatan mempunyai potensi besar untuk dikembangkan, karena berbahan baku hasil laut dan perikanan yang berlimpah. Usaha terasi di Bangka Selatan memberikan nilai tambah paling tinggi dibandingkan usaha pengolahan hasil laut lainnya. Terasi dari Bangka Selatan merupakan produk unggulan yang sudah diajukan sebagai produk One Village One Product (OVOP) yang menjadi program Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Produksi Terasi udang Toboali, sudah menembus pasar internasional dikarenakan di buat tanpa bahan pengawet dengan cita rasa yang khas. Eksistensi suatu usaha akan terjaga jika usaha tersebut memberikan keuntungan yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata BEP produksi, rata-rata keuntungan dan faktor yang mempengaruhi keuntungan pada IKM pembuat terasi di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan cara metode survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Adapun metode yang digunakan adalah metode analisis tabel dan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan data OLS (Ordinary Least Square) dan diolah menggunakan data SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata BEP produksi terasi adalah 10,38 kg/bulan. Keuntungan rata-rata yang diterima oleh pelaku IKM terasi di Toboali adalah Rp 295.740,94/bulan dengan penerimaan lainnya dari upah tenaga kerja Rp 466.304,35 dan sewa gedung Rp 150.000. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari harga, dan produk terjual. Biaya variabel berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan variabel biaya tetap mempunyai pengaruh negatif tetapi tidak signifikan. Kata Kunci: IKM Terasi, BEP, Keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 30 Jan 2018 06:43
Last Modified: 30 Jan 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32689

Actions (login required)

View Item View Item