Penentuan Rute Distribusi Beras Bersubsidi Kabupaten Bandung Barat Dengan Menggunakan Metode Clarke & Wright Saving Di Perum Bulog Cabang Cimindi

YULIAWATI GUSWARA PUTRI, 133010015 and Mohammad Syarwani, DS and Yogi Yogaswara, DS (2018) Penentuan Rute Distribusi Beras Bersubsidi Kabupaten Bandung Barat Dengan Menggunakan Metode Clarke & Wright Saving Di Perum Bulog Cabang Cimindi. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perjalanan Perum BULOG dimulai pada saat dibentuknya BULOG pada tanggal 10 Mei 1967 berdasarkan keputusan presidium cabinet N0. 114/U/Kep/5/1967, dengan tujuan pokok untuk mengamankan penyediaan pangan dalam rangka menegakkan ekistensi Pemerintahan baru. Pada Keppres No. 29 tahun 2000 tersebut, tugas pokok BULOG adalah melaksanakan tugas Pemerintah di bidang manajemen logistik melalui pengelolaan persediaan, distribusi dan pengendalian harga beras (mempertahankan Harga Pembelian Pemerintah – HPP), serta usaha jasa logistik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Permasalahan yang terjadi pada Gudang Perum BULOG Cabang Cimindi yaitu pencarian rute, dimana terdapat 165 Desa/Kelurahan dibagi menjadi 16 Kecamatan yang mana menjadi titik ditribusi yang dilayani di Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Proses pendistribusian dilakukan menggunakan sejumlah kendaraan dengan kapasitas yang sama. Setiap kendaraan berangkat dan kembali lagi ke depot/gudang yang sama setelah melakukan tur. Permasalahan tersebut dapat dipandang sebagai Vehicle Routing Problem (VRP). Dengan menggunakan metode Clarke & Wright Saving dimana untuk menentukan rute ke setiap titik distribusi Desa/Kelurahan dan dapat menghemat jarak. Model pemecahan masalah yang digunakan yaitu pendekatan “ Cluster First, Route Second “, dimana pembentukan cluster tersebut dengan membagi titik distribusi (Desa/Kelurahan) ke dalam wilayah administratif (Kecamatan). Dari hasil perhitungan yang didapat maka hasil rute yang terbentuk ada 16 rute dari 4 cluster yang didapat, yang terdiri dari 16 Kecamatan dan 165 Desa sebagai titik distribusi yang dlayani oleh Perum BULOG di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Jumlah kendaraan yang dialokasikan untuk Perum BULOG ada 7, kemudian setelah dihitung maka kendaraan ditambah menjadi 8 unit colt diesel. Dengan kapasitas kendaraan 10.000 Kg setara beras untuk sekali angkut. Sebagai contoh yaitu : Cluster 1 yang harus dilayani yaitu Kecamatan Ngamprah, Parongpong, Cisarua dan Lembang dikarenakan total jarak yang terdekat dari depot/gudang dengan total jarak 459,64 Km. Kata Kunci : Distribusi, Rute, Model Vehicle Routing Problem (VRP), Metode Clarke & Wright Saving, Perum BULOG.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:39
Last Modified: 30 Jan 2018 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32670

Actions (login required)

View Item View Item