PENGARUH PEMBELAJARAN SUB POKOK BAHASAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP RINTISAN WIRAUSAHA SISWA SMA PURAGABAYA

Sri Siti Amanah, 135020104 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN SUB POKOK BAHASAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP RINTISAN WIRAUSAHA SISWA SMA PURAGABAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK IND.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.ABSTRAK ING.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Pembelajaran Sub Pokok Bahasan Konsep Kewirausahaan pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Rintisan Wirausaha Siswa SMA Puragabaya”. Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam merintis usaha dan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam pembelajaran konsep kewirausahaan di SMA Puragabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 orang yaitu para siswa yang berwirausaha di sekolah. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 21.0. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai pembelajaran konsep kewirausahaan sebesar 4,44 dengan persentase 89,6% sedangkan mengenai rintisan wirausaha siswa sebesar 4,46% dengan persentase 89,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap pembelajaran konsep kewirausahaan dan rintisan wirausaha siswa “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian pengaruh pembelajaran konsep kewirausahaan yaitu dilihat dari perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,743. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 74,3% terhadap variabel Y dan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 74,3% disebabkan oleh indikator variabel X berupa pembelajaran konsep kewirausahaan, karakteristik konsep kewirausahaan, evaluasi konsep kewirausahaan. Sebagai penutup, penulis menyampaikan saran kepada pembaca apabila terdapat siswa yang memiliki kelebihan dalam berinovatif berwirausaha sebaiknya guru memberikan motivasi agar siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam berwirausaha. Karena siswa dapat lebih mudah dalam menjalankan wirausaha tersebut. Kata Kunci : Pembelajaran Konsep Kewirausahaan, Rintisan Wirausaha Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:13
Last Modified: 24 Jan 2018 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32563

Actions (login required)

View Item View Item