KAJIAN PERUBAHAN KADAR PROTEIN DAN KADAR LEMAK TERHADAP BERBAGAI METODE PENGOLAHAN OTAK-OTAK IKAN BANDENG (Chanos chanos)

Aulia Suciati Oktaviana, Alumni and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Hervelly, DS (2016) KAJIAN PERUBAHAN KADAR PROTEIN DAN KADAR LEMAK TERHADAP BERBAGAI METODE PENGOLAHAN OTAK-OTAK IKAN BANDENG (Chanos chanos). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
AULIA SUCIATI OKTAVIANA 123020046 TUGAS AKHIR TEKNOLOGI PANGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mempelajari perubahan kadar protein dan kadar lemak terhadap berbagai metode pengolahan (pemanggangan, pengukusan dan kombinasi pengukusan-pemanggangan) pada otak-otak ikan bandeng. Manfaat penelitian yang dilakukan untuk mengetahui korelasi kadar protein dan kadar lemak terhadap berbagai metode pengolahan (pemanggangan, pengukusan dan kombinasi pengukusan-pemanggangan) pada otak-otak ikan bandeng. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana.Variabel bebas (X) dari percobaan ini terdiri dari metode pengolahan dengan tiga taraf yaitu, (X 1 ) panggang, (X 2 ) kukus dan (X 3 ) kombinasi kukus-panggang. Variabel terikat (Y) dari percobaan ini terdiri dari respon kimia dengan dua taraf yaitu, (Y 1 ) kadar protein dan (Y 2 ) kadar lemak. Hasil analisis menunjukan adanya korelasi antara perubahan kadar protein terhadap berbagai metode pengolahan (pemanggangan, pengukusan, dan kombinasi pengukusan-pemanggangan) pada otak-otak ikan bandeng dengan nilai keofesien korelasi (r) -0.864 yang berarti berkorelasi tinggi atau korelasi kuat. Korelasi antara perubahan kadar lemak terhadap berbagai metode pengolahan (pemanggangan, pengukusan, dan kombinasi pengukusan-pemanggangan) pada otak-otak ikan bandeng mempunyai nilai keofesien korelasi (r) 0.958 yang berarti berkorelasi sangat tinggi atau sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:05
Last Modified: 24 Jan 2018 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32548

Actions (login required)

View Item View Item