PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI EVALUASI BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA TERWUJUDNYA MOTIVASI MEMBACA PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NASIONAL BANDUNG

Vivie Elvira Sunaryo, NPM : 158090012 (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI EVALUASI BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA TERWUJUDNYA MOTIVASI MEMBACA PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NASIONAL BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
Vivie.doc

Download (115kB)

Abstract

Elvira Sunaryo, Vivie. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Evaluasi Berbasis Portofolio sebagai Upaya Terwujudnya Motivasi Membaca pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Nasional Bandung. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing: (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd, (II) Prof. Dr. Hj. R. Poppy Yaniawatiwi, M.Pd. Kata kunci: evaluasi berbasis portofolio, membaca pemahaman, motivasi membaca Tesis ini membahas tentang pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan evaluasi berbasis portofolio dengan komponen-komponennya. Serta membahas dampak dari peningkatan membaca pemahaman terhadap motivasi membaca siswa. Tempat penelitian ini di SMA Nasional Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed method. Dengan menggunakan model the convergen parallel design. Teknik pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu data kuantitatif dengan observasi dan data kualitatif dengan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: evaluasi berbasis portofolio mempunyai manfaat yang besar dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa maupun siswa dengan siswa. Evaluasi berbasis portofolio memudahkan guru dalam mengelola proses pembelajaran, mengetahui perkembangan pemahaman membaca siswa, siswa cenderung aktif, saling berdiskusi, bertanya pada teman dan guru, saling memberi masukan, dan bekerjasama. Evaluasi berbasis portofolio sangat baik dan sudah sangat sesuai dilakukan pada pembelajaran membaca pemahaman khususnya pada teks eksposisi. Komponen-komponen pembelajaran yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran lancar, aman, kondusif, dan kooperatif. Keberhasilan evaluasi berbasis portofolio dibuktikan dengan hasil posttest yang diperoleh siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman, siswa memiliki motivasi membaca yang positif, dan respon siswa pada pembelajaran dengan menggunakan evaluasi berbasis portofolio cukup baik pada siswa kelas X IPA 1 SMA Nasional Bandung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:56
Last Modified: 09 Jan 2018 04:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32428

Actions (login required)

View Item View Item