Kusnawan, 002040150 (2017) PENGARUH LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PD. LIMA MOTOR KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN.doc Download (30kB) |
|
Text
Jadwal Penelitian.doc Download (138kB) |
|
Text
SKRIPSI KUSNAWAN.doc Download (1MB) |
Abstract
PD.Lima Motor Garut merupakan perusahaan dibidang otomotif yang menjual sepeda motor merk Honda serta jasa perbengkelan. Saat ini permasalahan yang dihadapi yaitu: belum tersedianya nomor antrean pada saat pelanggan akan melakukan servise gratis dan perbaikan sepeda motor, adanya keterlambatan dalam penerbitan STNK serta adanya keterlambatan dan ketidaktepatan waktu yang dijanjikan dalam menyelesaikan perbaikan sepeda motor. Permasalahan tersebut diduda disebabkan oleh pelayanan pegawai dan teknisi bengkel yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan pelanggan serta Peralatan dan Perlengkapan bengkel serta fasilitas penunjang yang dimiliki kurang memadai. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan pada PD.Lima Motor Garut. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan datanya yang digunakan adalah teknik kepustakaan, observasi, wawancara, angket melalui sample dengan 95 responden. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pengaruh layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan pada PD.Lima Motor Garut, analisis koefisien korelasi yang diperoleh melalui perhitungan Rank Spearman sebesar 0,457 dan titik kritis tabel P untuk N=95 adalah 0,2449 . maka uji Hipotesis yang didapat sebesar 5,775>0,2449 artinya antara Layanan Purna Jual dengan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu didapat pula koefisien Determinasi sebesar 20,89%. Hal ini menunjukkan bahwa layanan purna jual memiliki pengaruh dengan kepuasan pelanggan dan sisanya 79,11% adalah faktor lain seperti : kemajuan teknologi yang semakin pesat dan perubahan selera dan pola konsumsi dari masyarakat. Hambatan yang dialami PD.Lima Motor Garut dalam melaksanakan Layanan Purna Jual yaitu persaingan usaha yang semakin ketat antara jenis uhaha yang sama yang menjual produk yang sama pula serta persaingan usaha dengan usaha yang sejenis tetapi menjual produk yang berbeda, adanya keterlambatan dalam pendistribusian atau pengiriman barang dari pihak produsen. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu menyediakan mesin nomor antrean, melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi teknisi bengkel, memperhatikan ketepatan janji penyelesaian pengerjaan perbaikan kendaraan, memperbaiki dan merenovasi ruang tunggu, melakukan penelitian lebih lanjut diluar yang peneliti lakukan. Kata kunci : Layanan Purna Jual
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2000 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 07:09 |
Last Modified: | 30 Nov 2017 07:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32173 |
Actions (login required)
View Item |