MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN SATU ATAP TERPADU 2 CIBEBER

RIAN SUKMAYA, NPM : 158090010 (2017) MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN SATU ATAP TERPADU 2 CIBEBER. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
Abstrak Tesis Rian Sukmaya.docx

Download (90kB)

Abstract

Sukmaya, Rian. 2017. Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita sebagai Upaya Meningkatkan Kerja sama dan Berpki kritis siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Penggunaan model dalam proses belajar mengajar mempunyai arti penting karena dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan menulis teks berita sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber, 2) mengetahui perbedaan peningkatan kerjasama dan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, 3) mengetahui hubungan antara penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan menulis teks berita sebagai upaya meningkatkan kerjasama dan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber, 4) mengetahui kefektifan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe (quasi eksperimen one group pretes and posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber. Sampel dalam penelitian yang dipilih adalah sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel ( paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw. Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara kerja sama dan berpikir kritis setelah mendapat perlakuan model kooperatif tipe jigsaw. Hasil ini menunjukan bahwa model kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh terhadap peningkatan kerja sama dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap Terpadu 2 Cibeber. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Kerja sama dan berpikir kritis, kemampuan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:28
Last Modified: 21 Nov 2017 02:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item