PENGARUH TOPOGRAFI, SITUASI JALAN, KOMPOSISI SAMPAH TERHADAP WAKTU DAN KECEPATAN PENGUMPULAN DALAM PROSES PENGUMPULAN SAMPAH DENGAN GEROBAK DI KOMPLEK KPAD

Ali Azmi, Alumni (2007) PENGARUH TOPOGRAFI, SITUASI JALAN, KOMPOSISI SAMPAH TERHADAP WAKTU DAN KECEPATAN PENGUMPULAN DALAM PROSES PENGUMPULAN SAMPAH DENGAN GEROBAK DI KOMPLEK KPAD. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB IV.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (33kB)
[img] Text
BAB VI.doc

Download (29kB)
[img] Text
BAB V ANYAR.doc

Download (810kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (233MB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (66MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sampah didefinisikan sebagai limbah (sebagian besar merupakan sisa aktivitas manusia) dalam bentuk padat yang dianggap tidak berguna lagi sehingga harus disingkirkan dari sumbernya atau diolah, karena keberadaannya dapat mengancam kesehatan penduduk dan mencemari lingkungan serta mengganggu keindahan maupun kelestarian lingkungan. Penelitian yang dilakukan adalah mengukur waktu operasional, waktu kelonggaran dan jarak tempuh dari kegiatan pengangkutan sampah dengan gerobak, dari hasil pengukuran tersebut akan didapat waktu dan kecepatan pengumpulan. Untuk melihat pengaruh topografi, situasi jalan dan komposisi sampah dilakukan uji T-test, sedangkan penentuan waktu dan kecepatan pengumpulan dianalisa dengan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikasi. Hasil pengamatan menunjukkan faktor yang memiliki perbedaan signifikan atau relatif tidak sama adalah kondisi topografi jalan, situasi jalan dan komposisi sampah. Dari hasil uji signifikasi waktu pengumpulan pada topografi jalan hanya waktu kelonggaran yang signifikan, sedangkan kecepatan pengumpulannya yaitu mendorong gerobak kosong, berjalan ke sumber sampah (TS sekali pakai), mendorong gerobak (terisi 0-25 %), dan mendorong gerobak penuh. Waktu pengumpulan pada situasi jalan ada 2 elemen gerakan yang signifikan, yaitu mengambil TS sekali pakai, dan menuang TS sekali pakai, sedangkan kecepatan pengumpulannya pada situasi jalan ada 1 elemen gerakan yang signifikan, yaitu mendorong gerobak (terisi 0-25 %). Waktu pengumpulan pada komposisi sampah ada 3 elemen gerakan yang signifikan, yaitu mengambil TS sekali pakai, menuang sampah (TS bin), dan membongkar isi gerobak, sedangkan kecepatan pengumpulannya pada komposisi sampah tidak ada elemen gerakan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2007
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:16
Last Modified: 17 Nov 2017 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32053

Actions (login required)

View Item View Item