IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN REKLAME (Studi Kasus Tentang Strategi Optimalisasi Penerimaan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung )

Budi Kurniadi, NPM. 129213002 (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN REKLAME (Studi Kasus Tentang Strategi Optimalisasi Penerimaan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung ). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK NEW.doc

Download (38kB)
[img] Text
BAB I (6-6-15).doc

Download (120kB)
[img] Text
BAB II (6-6-15).doc

Download (191kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah implementasi kebijakan penyelenggaraan reklame belum optimal, sehingga dihadapkan pada resiko hilangnya sumber penerimaan dari potensi pajak reklame.Fenomena tersebut menuntut adanya strategi implementasi kebijakan yang efektif dalam optimalisasi penerimaan pajak reklame sebagai salah satu sumber PendapatanAsli Daerah. Sub fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan content of policy dan context of implementation sebagai dimensi implementasi kebijakan dalam penyelenggaraan reklame pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung .Berdasarkan problem statement yang dikemukakan pada fokus penelitian, selanjutnya diturunkan ke dalam pertanyaan penelitian (research questions) sebagai berikut : 1. Faktor – faktor apa yang menyebabkan belum optimalnya implementasi kebijakan penyelenggaraan reklame pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung. 2. Upaya-upaya apa yang dilakukan pelaksana kebijakan penyelenggaraan reklame pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung. 3. Strategi implementasi kebijakan apa yang efektif dalam optimalisasi penerimaan pajak reklame pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif(eksploratory sequential). Pendekatan kualitatif dipilih sejalan dengan tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan menggambarkan suatu realitas administrasi publik tentangimplementasi kebijakan penyelenggaraan reklame dengan mengembangkan konsep melalui fakta dan data secara cermat dan menarik maknadari ide-ide, sikap dan motif yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian.Sedangkan pendekatan kuantitatif merupakan cross check terhadap hasil analisis data kualitatifi dengan tingkat analisis yang lebih konprehensif. Hasil penelitian menunjukkan adanya temuan berupa pengembangan teori yang memperkuat konsep implementasi kebijakan Grindle (1980) bahwa:. ”optimalisasi penerimaan pajak relkame dapat dicapai apabila pada dimensi content of policy dikembangkan parameter: (1) sikap dan perilaku yang beretika.( attitudes and ethical behavior ) dan (2) Akseptabilitas pelaksana kebijakan. (policy makers acceptability ). Sedangkanpada dimensi context of implementation dikembangkan parameter : (1) evaluasi kebijakan yang bersifat holistik ( evaluation of a holistic policy); 2) Koordinasi antar pemerintah daerah dan antar institusi (coordination among local governments and inter-institutions) serta; (3) Penegakan aturan (law enforcement ). Kata kunci : Implementasi kebijakan dan Pajak reklame

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2012
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Apr 2016 07:36
Last Modified: 11 Apr 2016 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item