Studi Evaluasi Adsorpsi Zat Warna Remazol Golden Yellow 6 oleh Arang Kayu, Arang Tempurung Kelapa dan Karbon Aktif Menggunakan Persamaan Freundlich dan Langmuir Isoterm

Linda mauliida Mardiah, Alumni and Dr. F. Lucia Nugroho, Dra., MSc., DEA selaku, DS and Deni Rusmaya, DS (2006) Studi Evaluasi Adsorpsi Zat Warna Remazol Golden Yellow 6 oleh Arang Kayu, Arang Tempurung Kelapa dan Karbon Aktif Menggunakan Persamaan Freundlich dan Langmuir Isoterm. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB II.doc

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (60kB)

Abstract

Usaha kerajinan batik pada umumnya selalu menggunakan bahan pembantu untuk pewarnaan dan pembilasan/pencucian, sehingga limbah yang dihasilkan sebagian besar dalam bentuk cair. Untuk menangani permasalahan yang dapat timbul karena pencemaran limbah tersebut, terutama limbah zat warna Remazol Golden Yellow 6, dapat dilakukan pengolahan secara fisik sederhana (adsorpsi). Salah satu teknik yang efektif dalam menyisihkan zat warna adalah adsorpsi dengan menggunakan karbon aktif. Namun harga adsorben karbon aktif umumnya mahal, sehingga perlu mencari alternatif pengganti. Arang kayu dan arang tempurung kelapa merupakan bahan yang memiliki kandungan karbon, sehingga dapat dipertimbangkan sebagai alternatif pengganti karbon aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2006
Depositing User: Dewi Ayu Larassati
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:03
Last Modified: 22 Nov 2017 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31849

Actions (login required)

View Item View Item