EFEKTIFITAS TANAH GAMBUT DALAM PENYISIHAN WARNA DAN KEKERUHAN PADA AIR GAMBUT (Studi Kasus Air Gambut Kecamatan Buru Kepulauan Riau)

Jhoni Indra, Alumni and gatut Sudarjanto, DS and Sri Wahyuni, DS (2008) EFEKTIFITAS TANAH GAMBUT DALAM PENYISIHAN WARNA DAN KEKERUHAN PADA AIR GAMBUT (Studi Kasus Air Gambut Kecamatan Buru Kepulauan Riau). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB III.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV .doc

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (41kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penduduk yang tinggal di daerah Kecamatan Buru Kepulauan Riau menghadapi kesulitan memperoleh air bersih untuk keperluan rumah tangga terutama untuk keperluan air minum. Hal ini disebabkan karena sumber air yang terdapat di daerah tersebut adalah air gambut yang berwarna cokelat dan bersifat asam. Adapun karakteristik air gambut yang ada di lokasi studi yaitu, intensitas warnanya tinggi sebesar 316 unit Pt-Co, kekeruhan 8 NTU dan pH 4,07. Bila kita lihat karakteristik tersebut masih jauh melebihi baku mutu persyaratan kualitas air minum menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI No.907/Menkes/SK/VII/2002. Mengingat kebutuhan air minum yang sangat mendesak, maka diperlukan penelitian dan pengembangan teknologi pengolahan air gambut yang ekonomis malalui pemanfaatan bahan setempat dalam hal ini tanah gambut. Apabila dilihat dari kandungan senyawa kimia didalamnya seperti alumunium , besi dan lain-lain, diduga tanah gambut dapat digunakan sebagai koagulan dan adsorban. Pada penelitian ini dilakukan beberapa variasi percobaan yaitu variasi dosis koagulan. Dari hasil penelitian didapat dosis optimum pembubuhan tanah gambut sebesar 30 gr/l, dengan efesiensi penyisihan untuk warna sebesar 95 %, untuk kekeruhan sebesar 90% dan pH mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2008
Depositing User: Dewi Ayu Larassati
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:02
Last Modified: 22 Nov 2017 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31845

Actions (login required)

View Item View Item