PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA

SISKA WILIANTI, NPM. 158060050 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Siska Wilianti 158060050.docx

Download (22kB)

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis serta Kemandirian Belajar Melalui Problem Based Learning. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis serta kemandirian belajar sangat penting dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah metode Problem Based-Learning. Metode Problem Based-Learning memusatkan pada kegiatan indentifikasi, analisa dan diskusi permasalahan sebagai stimulus dalam pembelajaran. Metode pembelajaran ini menggunakan pendekatan untuk mendorong siswa agar mampu mengidentifikasi dan meneliti permasalahan yang diberikan dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan eksperimental melalui perlakuan khusus pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ini dianalisis dengan menggunakan metode campuran. Dari hasil analisis maka dapat diketahui bahwa penerapan metode Problem Based-Learning dapat memberikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis serta kemandirian belajar yang lebih baik dari metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Problem Based-Learning, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan penalaran matematis, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Oct 2017 06:38
Last Modified: 15 May 2018 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31644

Actions (login required)

View Item View Item