PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PASAR DAN IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN SUATU STUDI IKM SENTRA INDUSTRI BATIK DI JAWA BARAT

IRMA DARMAWATI BASTAMAN, NPM : 099113024 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PASAR DAN IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN SUATU STUDI IKM SENTRA INDUSTRI BATIK DI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
IRMA DARMAWATI BASTAMAN_DIM.docx

Download (68kB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif yaitu mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Penelitian dilakukan terhadap Pengusaha Industri Batik di Jawa Barat dengan besarnya sampel 200 responden melalui metode purposive sampling. Adapun metode analisisnya menggunakan Structural Equation Model (SEM). Dari hasil analisis dan penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1) Implementasi strategi pasar pada sentra Industri Batik di Jawa Barat memperlihatkan indeks rata-rata variabel sebesar 2,02 dengan standar deviasi 0,756 yang berarti variabel strategi pasar produk dapat diinterprestasikan beberapa kategori kurang baik. Sehingga dapat diartikan para pengusaha industri batik di Jawa Barat pada umumnya kurang memperhatikan strategi produk pasar yang akan dilakukan. 2) Implementasi strategi bauran pemasaran pada sentra Industri Batik di Jawa Barat memperlihatkan indeks rata-rata variable sebesar 2,89 dengan standar deviasi 0,627 yang berarti variabel bauran pemasaran dapat diinterpretasikan berada pada kategori cukup baik. Sehingga dapat diartikan para pengusaha Industri Batik di Jawa Barat pada umumnya cukup memperhatikan strategi bauran pemasaran yang dilakukan. 3) Keunggulan pada sentra Industri Batik di Jawa Barat memperhatikan indeks rata-rata variabel sebesar 2,31 dengan standar deviasi 0,787 yang berarti variabel keunggulan bersaing dapat diinterpretasikan memiliki skor yang rendah atau dengan kategori kurang baik. 4) Kinerja pemasaran pada sentra Industri Batik di Jawa Barat memperlihatkan indeks rata-rata variabel sebesar 2,53 dengan standar deviasi 0,725 yang berarti variabel Kinerja Pemasaran dapat diinterpretasikan memiliki skor yang rendah atau dengan kategori kurang baik. 5) Implementasi strategi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Dengan mempertimbangkan strategi pasar akan berdampak positif terhadap keunggulan bersaing. 6) Implementasi Strategi Bauran Pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. 7) Strategi pasar dan strategi bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. 8) Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Semakin tinggi tingkat keunggulan bersaing semakin tinggi pula kinerja pemasaran yang dapat tercapai. Kata Kunci : Implementasi Strategi Pasar, implementasi Strategi Bauran Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:35
Last Modified: 27 Oct 2017 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31599

Actions (login required)

View Item View Item